Tuesday, September 21, 2010

== KOROSI ==

Korosi adalah proses elektrokimia yang terjadi pada logam yang menyebabakan kerusakan pada logam tersebut. Contoh proses korosi adalah karat pada besi, noda pada perak, 'patina' hijau pada tembaga dan kuningan. Korosi menyebabkan kerusakan parah pada bangunan-bangunan seperti gedung dan jembatan, alat transportasi seperti kapal, mobil dan kereta api.

Sejauh ini proses korosi yang lazim terjadi adalah pembentukan karat pada besi. Gas oksigen dan air sangat berpengaruh pada proses oksidasi besi yang akhirnya menjadi korosi. Permukaan logam menjadi anoda di mana proses oksidasi terjadi: Fe -->  Fe2+   +  2e
Elektron yang dilepas oleh besi akan mereduksi oksigen di atmosfer menjadi air pada katoda yang merupakan permukaan besi yang sama tersebut. O2  +  4H+  +  4e    -->   2 H2O
Jika kedua reaksi pada anoda dan katoda tersebiut digabungkan, maka akan menjadi proses reaksi korosi pada besi.

Sejauh ini sejumlah metode dirancang dan digunakan untuk menanggulangi proses korosi pada logam. Kebanyakan metode ini adalah mencegah terjadinya korosi pada logam. Cara yang paling mudah adalah melapisi logam dengan cat, namun kelemahannya bila cat terkelupas, penyok, sobek, dll; maka korosi akan terjadi.
Kecenderungan besi untuk teroksidasi akan rendah bila besi dicampur dengan logam tertentu. Contohnya pada baja anti karat (campuran besi dan kromium), sehingga akan terbentuk laposan oksida kromium yang melindungi besi. Wadah makanan/minuman dari besi dapat dilapisi dengan timah atau seng.

Proses perlindungan katoda adalah proses perlindungan logam dari korosi dengan membuatnya sebagai katoda dalam sel galvani (elektrolisis). Contohnya adalah pada kilang minyak lepas pantai, pipa besi dilindungi dengan magnesium. Dimana magnesium sebagai anoda (mempunyai sifat lebih elektropositif). Sehingga hanya magnesium yang akan terkikis (berkurang) dalam proses korosi ini. Proses ini juga disebut proses pengorbanan anoda (sacrificial anode).

1. Bagaimanakah proses korosi berlangsung?
2. Jelaskan kenapa air dan oksigen dapat menyebabkan karat pada besi!
3. Jelaskan beberapa proses yang dapat digunakan untuk melindungi karat pada logam-logam seperti besi, tembaga dan aluminium!
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perlindungan katoda/pengorbanan anoda untuk menghilangkan karat! Beri contoh!

1 comment:

  1. Terimakasih informasi korosi nya pak Atmaja ( : jadi menambah wawasan saya untuk mengerjakan tugas tentang korosi dan katoda .

    ReplyDelete