Tuesday, September 13, 2011

LATIHAN REDOKS & ELEKTROKIMIA

-=SEL VOLTA DAN ELEKTROLISIS=-
1. Larutan ZnSO4 dielektrolisis menggunakan arus listrik 0,1 A selama 1 jam.
a).Tuliskan reaksi yang terjadi!
b).Berapa gram Zn yang diendapkan pada katoda? (Ar Zn = 65)
2. Berapa waktu yang diperlukan untuk elektrolisis larutan AgNO3 menggunakan arus listrik 0,1 A agar diperoleh 0,1 gram endapan Ag ?
3. Berapa waktu yang diperlukan untuk elektrolisis 10 mL larutan AgNO3 0,01 M menggunakan arus listrik 0,1 A sampai elektrolisis terhenti karena semua perak telah mengendap ?
4. Jika campuran larutan CuSO4 dan NiSO4 dielektrolisis sehingga dihasilkan 1 gram endapan, maka berapa gram Cu dan berapa gram Ni yang telah diendapkan dari larutan tersebut ?
5. Larutan CuSO4, AuCl3, dan AgNO3 yang terpisah masing-masing dielektrolisis dengan arus listrik 0,1 A dalam waktu yang sama. Jika Cu yang diendapkan sebanyak 0,1 gram, maka masing-masing berapa gram Au dan Ag yang diendapkan ?
6. Masing-masing pasangan reaksi berikut aktivitasnya satu (a = 1). Masing-masing tentukan reaksi (i) atau (ii) yang dapat berlangsung (sesuai dengan table potensial reduksi standar), kemudian hitunglah potensial sel yang dihasilkan !
a. (i). Cu/Cu2+//Ag+/Ag atau (ii). Ag/Ag+//Cu2+/Cu
b. (i). Cu/Cu2+//Pb2+/Pb atau (ii). Pb/Pb2+//Cu2+/Cu
c. (i). Pb/Pb2+//Ag+/Ag atau (ii). Ag/Ag+//Pb2+/Pb
d. (i). Zn/Zn2+//Ag+/Ag atau (ii). Ag/Ag+//Zn2+/Zn
7. Sel elektrokimia dengan jembatan garam K2SO4 menggunakan elektroda Fe dalam larutan FeSO4 dan elektroda Zn dalam larutan ZnSO4.
a. Tentukan manakah elektroda positip dan negatifnya?
b. Tuliskan reaksi yang terjadi!
c. Berapakah potensial sel yang dihasilkan?


No comments:

Post a Comment